Kamis, 14 April 2011

GURU SBK MTs Se Bantul “ NGIRAT DAN MENGANYAM BAMBU “ DI DLINGO

Karakteristik suatu daerah perlu dijadikan modal untuk menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa. Daerah Dlingo yang merupakan sentra kerajinan bambu merupakan sebuah potensi besar yang belum digarap secara optimal dan maksimal untuk memberi bekal ketrampilan bagi siswa dan memberdayakan masyarakat setempat.
Berawal dari pemikiran tersebut guru-guru MTs se Bantul yang tergabung  dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) mengadakan pelatihan mengayam bambu di MTsN Dlingo.
Menurut H. Mulyorejoso, S.Pd didampingi Drs. Sutanto (Ketua dan Wakil Ketua MGMP SBK MTs Se Bantul) Pelatihan berlangsung Kamis, 24 Februari 2011 diikuti oleh guru SBK MTs se Bantul mulai jam 9 pagi, disambut oleh Kepala MTsN Dlingo H. Ibnardo, S.Ag., M.A beserta staf.

Pelatihan menghadirkan “nara sumber ”Sunardi (pengrajin) yang memberikan penjelasan bagaimana teknik mengirat dan menganyam disertai contoh konkrit menggunakan alat sederhana/ manual. Peserta selanjutnya diajak praktek langsung membuat anyaman bambu. Langkah pembuatan  dilakukan dengan mengirat, menganyam dengan  mencontoh hasil anyaman sudah jadi seperti kap lampu, tudung saji, cething nasi dll.
Sunardi merupakan sosok pengrajin kecil yang sudah turun temurun membuat kerajinan bamboo, namun masalah pembuatan lebih banyak menunggu pesanan dari pembeli . Dalam pelatihan tersebut Sunardi langsung memberikan arahan kepada semua peserta  memberikan pembenahan terhadap langkah-langkah pembuatan anyaman  yang kurang pas.
Selesai pelatihan dilanjutkan kunjungan ke pengrajin bambu di Karangasem Muntuk Dlingo sebagai media melihat karya yang sesungguhnya serta mencari informasi tentang system pemasarannya.
Pelatihan MGMP SBK MTs se Bantul di Dlingo ini sudah meruapakan yang ke 3 kalinya diselengarakan, setelah pada semester 2 tahun 2010 mengadakan pelatihan membuat batik, tanggal 10 Februari 2011 membuat gerabah, dan pada 10 maret 2011 akan mengadakan Pelatihan menyanyikan dan mengiringi lagu Nasional dan Daerah di MTsN Gondowulung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar