Senin, 16 Mei 2011

PELATIHAN BATIK KAYU

MGMP SBK MTs Se Bantul
GELAR PELATIHAN BATIK KAYU

Semua guru memiliki peran strategis dalam membina dan membekali peserta didik untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Masing-masing bidang studi memeiliki karakteristik tersendiri dan memilih dan menyampaikan materi pembelajarannya. Bidang studi Seni Budaya Ketrampilan menuntut seorang pendidik tidak hanya mendasarkan pembelajaran dengan teori saja, namun hendaklah melakukan praktek-praktek yang menunjang pembelajaran agar lebih bisa diterima siswa di tempat dia mengajar.
Berawal dari pemikiran tersebut guru-guru MTs se Bantul yang tergabung  dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) mengadakan pelatihan Batik di MTsN Wonokromo Bantul.
Menurut H. Mulyorejoso, S.Pd didampingi Drs. Sutanto (Ketua dan Wakil Ketua MGMP SBK MTs Se Bantul) Pelatihan pertama berlangsung Kamis, 13 Mei 2011 diikuti oleh guru SBK MTs se Bantul mulai jam 9 pagi.

Pelatihan diawali dengan penjelasan langsung dari Sugiman selaku nara sumber dilanjutkan dengan praktek langsung membatik dengan media kayu. Menurut Sugiman membatik dengan media kayu lebih sulit jika dibandingkan dengan media kain pada umumnya. Sebab jika dengan media kain, maka cairan malam langsung meresap pada kain, berbeda dengan media kayu, cairan malam agak licin untuk bisa menempel pada kayu.
Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membuat pola terlebih dahulu dengan pensil, namun bagi yang sudah terbiasa bisa langsung tanpa pola terlebih dahulu. Sedangkan langkah kedua adalah membatik dengan canting, dengan catatan cairan malamnya tak boleh terlalu panas maupun terlalu dingin, agar bisa bagus hasil yang diperoleh.
Sugiman termasuk  sosok multi talenta, sebab selain ketrampilannya membuat batik dengan media kayu dia juga piawai membuat batik dengan media kain baik batik tulis, cap maupun kombinasi tulis dan cap. Berbagai karyanya banyak mendapat apresiasi dari Kemenag Kab.Bantul maupun Pemkab Bantul. Peserta didik yang dibimbingnya juga kerap mewakili Bantul di berbagai lomba tingkat DIY maupun Nasional.
Pelatihan MGMP SBK MTs se Bantul di MTsN Wonokromo sudah merupakan pelatihan yang ke 5 kalinya diselengarakan, setelah pelatihan membuat batik dengan media kain, membuat gerabah di kasongan, Mengayam bersama pengrajin di Dlingo serta pelatihan menyanyikan dan mengiringi lagu Wajib/ Nasional di MTsN Gondowulung.



2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...
    Hebat Pak Tanto, teruskan post berita tentang kesenian ke dunia...
    well done. please visit juga www.mgmpingmtsjogja.wordpress.com
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  2. salam...bravo seni rupa...mari menebar manfaat
    http://www.rupakampung.blogspot.com/
    mtrnwn...

    BalasHapus